Dewan Wanti-wanti Kontraktor Jembatan Soreanglopie, Harap Kualitas Konstruksi Diperhatikan

  • Bagikan

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Soreanglopie. Sudah dalam proses pengadaan material dan mobilisasi peralatan. Termasuk pengukuran MC 0 dan alat pancang sudah berada di lokasi.

"Kami selaku pengawas tidak hentinya memberikan instruksi dan saran. Sehingga dengan langkah ditempuh untuk mengejar ketinggalan progres. Kualitas pekerjaan menjadi tugas dan tanggung jawab kami selaku pengawas," tegasnya.

Saat ini, volume air Sungai Bila tidak bersahabat. Kedalamannya sekitar 8 - 9 meter. Kondisi ini dipicu turunnya hujan belakangan ini. Di tambah kiriman air di hulu dari Kabupaten Sidrap.

Merujuk dari kondisi tersebut, berpotensi menghambat pelaksanaan pekerjaan. "Itu kontraktor sudah mempersiapkan untuk mengatasi masalah ini. Caranya memagari lokasi di dalam air dengan batang kelapa. Kemudian diurug memakai timbunan tanah atau sirtu," jelasnya.

Pihak kontraktor, CV. Bintang Silalouw, Edy menyampaikan penyebab keterlambatannya. Dia berdalih, bila ada beberapa tahapan dikerjakan lebih awal sebelum fisik dimulai.

"Ada tahap mobilisasi peralatan. Ada tahap pengajuan/order barang ke penyedia tiang pancang. Semua butuh waktu," katanya.

Untuk diketahui, tiang pancang beton akan digunakan berasal dari PT. Wijaya Karya (Wika) Beton di Kawasan Industri Makassar (Kima) Kota Makassar. Namun hingga kini mobilisasi tiang ke lokasi belum terlaksana. (man)

  • Bagikan