Sambangi Tiga Perempuan Berumur Pengrajin Pandai Besi di Desa Barania, Bupati ASA: Kami akan Bina

  • Bagikan
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA)

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Salah satu tempat yang dikunjungi Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) bersama Forkopimda dan perangkat daerah di Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat adalah tempat pengrajin pandai besi. Di tempat itu, terdapat tiga sosok perempuan berumur yang bekerja memproduksi hasil olahan besi.

Atas ketangguhan tiga perempuan single parent (hidup sendiri) itu, Bupati ASA terkesima dengan sosoknya. Sebab, mereka telah berpuluhan mengelola pandai besi ini secara mandiri.

"Kami bangga melihat tiga perempuan bersama-sama mengelola pandai besi, mereka sudah berumur tapi masih tangguh," beber ASA, Senin, (29/8/2022).

Oleh karena itu, ASA akan memberikan pembinaan dan dukungan kepada pengrajin pandai besi itu. Sehingga, pekerjaan ini bisa menjadi pendapatan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

"Kita bersama-sama majukan pandai besi ini di kemudan hari," tambah ASA.

Diketahui, kunjungan ke tempat pandai besi ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan persiapan penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada bulan September mendatang.

Bupati ASA bersama Ketua DPRD Sinjai, Jamaluddin dan Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf Sumardi terlebih dahulu melakukan camp di area Pattiroang Highland, Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat.

Kemudian dilanjutkan penanaman 1000 hektare bibit kopi, penanaman pinus, kunjungan ke air terjun Salu Birayya, dan mengunjungi kampung galung di desa tersebut

Termasuk melakukan gerbek desa di Kantor Desa Barania. Bupati bersama perangkatnya memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Seperti, pelayanan dokumen kependudukan oleh Disdukcapil Sinjai. Pelayanan perizinan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sinjai.

  • Bagikan