Bahagia Adalah Kunci Hidup Sehat

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

Fajar.co.id -- Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah impian semua orang. kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai. Dalam memperoleh kesembuhan ketika sedang sakit seseorang akan membayar berapapun itu. oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting.

Tetapi menjaga kesehatan seringkali disepelekan oleh orang-orang. Alasan karena terlalu banyak pekerjaan, malas, belum sakit, dan sebagainya seringkali membuat seseorang lupa betapa berharganya menjaga kesehatan itu.

Badan akan terserang penyakit ketika tubuh terlalu capek sehingga imunitas menurun dan tubuh akan mudah diserang penyakit. Selain itu kualitas pikiran juga sangat berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Dalam kondisi stress berlebihan menjadi penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius. sebaliknya dalam kondisi bahagia tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Berikut ini ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh atau cara hidup sehat yang dapat kita jadikan rujukan agar tubuh tetap fit dan sehat serta senantiasa bahagia dalam menjalani hidup.

  1. Berpikiran Positif (Positive Thinking)
    Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat
    Maksud dari kalimat ini, jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.
  2. Kendalikan Stres
    Kelola emosi dengan baik, Jangan mudah untuk marah-marah, hal ini sangat penting, karena akan membuat habis energi tubuh dan juga tidak baik untuk hati nantinya. Jadilah orang yang mudah tersenyum dan ramah karena ini baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

  1. Kenali bahasa tubuh
    Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Tanggapi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. Kita harus sadar bahkan untuk hal kecil sekalipun, misal mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat. Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.
  2. Menjaga Pola Makan
    Kita harus bisa menjaga pola makan, jangan sampai kita meninggalkan sarapan dan atur selalu jam makan. Orang yang tidak bisa mejaga pola makannya dia akan mudah sekali terkena penyakit maag. Gejala penyakit maag pertama yang akan dirasakan orang yang tidak memiliki pola makan yang teratur adalah perut terasa melilit dan sering terkena sakit perut.
  3. Cukupi Kebutuhan Vitamin
    Tubuh kita membutuhkan asupan vitamin sebagai cara untuk melindungi dan menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Asupan vitamin yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah vitamin D dan vitamin C
  4. Olahraga Secara Teratur
    Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur. Kita bisa berolahraga seperti jogging, bersepeda dan lainnya. Atau paling tidak perbanyaklah jalan kaki. Dengan mulai membiasakan jalan kaki, sedikit demi sedikit akan bermanfaat untuk membakar kalori tubuh.Berdasarkan penjelasan para ahli bahwa berjalan kaki mampu membakar sekitar 180 kalori per menitnya. (dzul/sam)
  • Bagikan