Kepala Bappeda Sinjai Beberkan Strategi Pemda Entaskan Kemiskinan di Forum Regsosek BPS

  • Bagikan
IST

Sehingga, akurasi data kemiskinan yang dihasilkan bisa dipertanggung jawabkan. Organisasi Perangkat Daerah yang memiliki program pengentasan kemiskinan pun bisa menggunakan data yang telah disiapkan.

Bukan hanya itu, Irwan berharap kepada Pemerintah Desa atau Kelurahan untuk memetakan potensi desanya. Agar pemerintah daerah bisa memberikan bantuan untuk mendukung demi meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Misalnya di Sinjai Barat beberapa desa fokus ke kopi, Desa Lembang Lohe, Tellu Limpoe fokus pengembangan pisang, desa lain juga bisa menentukan potensinya agar perangkat daerah bisa memberikan bantuan," tambah Irwan.

Sementara itu, Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin mengungkap, tahun depan banyak anggaran digelontorkan dalam rangka reformasi perlindungan sosial. Untuk itu Presiden RI, Joko Widodo meminta agar akurasi data penerima bantuan lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pendataan registrasi sosial ekonomi dengan turun langsung ke masyarakat. "Makanya kami angkat judul kolaborasi bersama karena kami tidak bisa melakukan sendiri, perlu kerja sama, terutama pemangku wilayah, baik Bupati, Camat, Lurah atau Kepala Desa," jelasnya.

Acaranya yang berlangsung di Aula Hotel Sanjaya ini dibuka oleh Asisten III Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan. Diikuti oleh Camat dan Kepala Desa dan Lurah di Sembilan Kecamatan. (sir)

  • Bagikan