Gempa Dahsyat Luluh Lantahkan Turki, Pesawat C-130 TNI AU Lanjutkan Distribusi Bantuan ke Turki

  • Bagikan

Fajar.co.id, Turki -- Gempa bermagnitudo (M) 7,8 yang meluluh lantahkan Kota Gaziantep, Turki, pada Senin (6/2) menewaskan ribuan orang. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut, gempa ini adalah yang terkuat selama lebih dari 80 tahun terakhir.

Indonesia turut ambil bagian membantu warga Turki yang tertimpa bencana dahsyat tersebut. Melalui TNI AU bantuan kemanusiaan dari Indonesia pun lebih mudah didistribusikan.

Hingga hari ini, Selasa (14/2/2023) Pesawat TNI AU C-130 Hercules A-1326, yang sedang melaksanakan misi kemanusiaan di Turki, kembali melanjutkan tugas, mendistribusikan bantuan logistik.

Sementara, pada Senin (13/2/2023), kemarin, pesawat yang diawaki oleh Letkol Pnb Yudi Bandung dan belasan kru, dibawah Mission Commander Kolonel Pnb Wisoko, telah mendistribusikan bantuan logistik sebanyak 5.2 ton. Logistik berupa selimut, bahan makanan, dan obat-obatan diangkut dalam dua sorties dari Etismesgut AFB Ankara, menuju Kahramanmaras.

Mission Commander_ TNI AU, Kolonel Pnb Wisoko, di Ankara Turki mengatakan, pada hari kedua, Selasa (14/2), C-130 Hercules A-1326 melaksanakan dua sorties penerbangan, dengan rute Etismesgut - Kahramanmaras - Etismesgut - Kahramanmaras.

"Home base misi C-130 Hercules TNI AU A-1326 saat ini di Etismesgut AFB Ankara. Kemarin sudah mulai misi pengiriman bantuan obat-obatan, makanan dan selimut seberat 5,2 ton," terang Kol Pnb Wisoko.

Seluruh proses pengiriman logistik berjalan dengan lancar. Hal ini tidak lepas dari koordinasi yang baik antara tim C-130 dengan pihak operation centre Angkatan Udara Turki.

  • Bagikan