Meski Akan Panen Raya, Jokowi Tetap Impor Beras, Pengamat: Para Petani Siap-siap Harga Beras Anjlok

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, memberikan respons atas impor beras yang akan dilakukan Presiden Jokowi meskipun bakal panen raya.

"Para petani bersiaplah harga beras kalian akan jeblok di musim panen raya ini," ujar Gigin dikutip dari unggahan twitternya, @giginpraginanto (20/2/2023).

Dikatakan Gigin, seandainya harga beras betulan jeblok, para petani jangan sampai menjadi TKI. Karena, akan bersaing dengan buruh China.

"angan pula alih profesi menjadi TKI karena akan akan bersaing dengan buruh China yang datang berbondong-bondong dan disambut karpet merah," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia masih akan mengimpor beras meski Februari ini sudah mulai masuk panen raya.

Menurutnya, stok Bulog tipis dan tidak memenuhi kebutuhan beras nasional.

Hal itu dikatakan Jokowi saat mengecek stok dan harga Bagan pokok di Pasar Wonokromo, Surabaya, pada Sabtu (18/2/2023).

"Secara nasional kita butuh, karena stoknya dari Bulog tipis. Stoknya minimal 1,2 juta ton, kemarin pada level 600 (ribu) ton, jadi mau tidak mau harus (impor)," ujar Jokowi.

Jokowi menyebut beras impor juga akan disalurkan ke provinsi yang menjadi penghasil beras nasional. Jika tidak, dia khawatir harga beras akan melambung. (muhsin/fajar)

  • Bagikan