Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemda Jeneponto Sasar Titik Sampah Di Objek Wisata Mangrove Tarusang

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JENEPONTO - Iksan Iskandar beserta sejumlah pejabat tinggi daerah lainnya Hadiri Hari Peduli Sampah Nasional, Sabtu, (25/26).

Peringatan hari peduli sampah nasional tingkat kabupaten Jeneponto tahun ini berlangsung semarak dihadiri sejumlah tokoh dan para pemerhati sampah.

Kali ini, para peserta menyasar titik sampah yang berada disekitar objek wisata mangrove Tarusang, Monro-monro, kecamatan Binamu.

Ditengah kegiatan Bupati Iksan Iskandar mengatakan pemerintah daerah tengah berubaya menyadarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang.

Pasalnya, saat ini Indonesia telah menjadi negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia. Dan hal itu kata Iksan, sewaktu-waktu akan menjadi masalah jika tidak segera dilakukan upaya pembenahan.

Salah satu Upaya untuk menyadarkan masyarakat dari membuang sampah sembarangan lanjut Iksan, adalah dengan melakukan giat bersih lingkungan secara berkelanjutan dan berjenjang.

Termasuk edukasi tentang manajemen pengelolaan sampah mulai dari tingkat terkecil seperti RT sampai skala lebih besar yakni kecamatan dan daerah kabupaten.

"Pemerintah terus mendorong penguatan kelembagaan melalui dukungan kebijakan, sumber daya ilmu pengetahuan yang inovatif dan ramah lingkungan serta komitmen untuk koneksitas hubungan antarpihak/aktor dalam pengelolaan sampah" ujarnya.

Turut hadir kepala Dinas Lingkungan hidup dan kebersihan, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa, Camat Binamu, sejumlah personel perwakilan Dandim 1425 dan Polres.(*)

  • Bagikan