Dinas Kesehatan Maros Uji 61 Sampel Pangan di Pasar Tramo

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dinas Kesehatan (Diskes) Maros melakukan pemeriksaan pangan di Pasar Tradisional Modern (Modern) atau Pasar Butta Salewangang Maros (BSM), Selasa, 4 April 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr Muhammad Yunus mengatakan kalau pihaknya sengaja memilih Pasar Tramo sebagai lokasi pemeriksaan pangan mengingat pemeriksaan disini merupakan salah satu pusat peredaran pangan di Kabupaten Maros.

Diakuinya kalau hari ini pihaknya melakukan dua jenis pemeriksaan, pertama pemeriksaan kandungan pengawet dan kedua pewarna.

"Jadi kita ingin melihat makanan siap saji di Pasar Tramo, apa mengandung unsur pengawet dan pewarna atau tidak. Sehingga masyarakat bisa mengonsumsi makanan dengan sehat," jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, sampel makanan dan jajanan takjil yang diambil itu sebanyak 61 sampel.

"Ada berbagai jenis makanan kita ambil sampelnya, diantaranya jajanan takjil seperti cendol, kolang kaling, cincau, dan tape. Sedangkan untuk pangan lainnya yang diambil sampelnya ada ikan, tahu dan tempe. Secara keseluruhan sebanyak 61 sampel yang kita ambil untuk diperiksa kandungan pengawet dan pewarnanya," ungkapnya.

Dia menegaskan kalau pemeriksaan pangan ini bertujuan untuk betul-betul mengetahui apa makanan yang dijajakan di Pasar Tramo itu aman dan sehat dikonsumsi masyarakat atau tidak.

"Hasil pemeriksaan terhadap sampel yang sudah kita ambil itu negatif. Tidak ada ditemukan sampel yang mengandung pengawet dalam hal ini formalin dan boraks. Juga tidak mengandung unsur pewarna berbahaya Metanil Yellow dan Rhodamin B," urai mantan Kapus Bantimurung ini.

  • Bagikan