Hadiri Hari Otoda di Anjungan Losari, Bupati Barru Siap Jalankan Amanat Mendagri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Puncak hari Otonomi Daerah ke XXVII di pusatkan di anjungan losari kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/04/2023), seluruh gebenur dan bupati, termasuk Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, hadir.

Inspektur upacara, Mendagri Tito Karnavian dengan setelan PSL memberi amanat dalam acara ini.

Sebelum amanat inspektur upacara, Tito karnavian terlebih dahulu memberikan penghargaan penyelenggaraan pemerintahan daerah tertinggi kepada, gubernur, walikota dan bupati.

Mantan Kapolri ini ucapan terima kasih kepada kepala daerah yang hadir dan tuan rumah telah melaksanakan hari otonomi daerah dengan baik.
"Dalam upacara otonomi daerah tahun ini lebih dari 70% dihadiri oleh kepala daerah se-Indonesia, dan terima kasih kepada tuan rumah telah melaksanakan kegiatan ini dengan meriah," ungkapnya.

Tentang otonomi daerah, itu sesuai UU No. 23 tahun 2014 pasal 1 ayat 6, pengertian Otonomi Daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri Urusan Pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mendagri mengimbau, di momen peringatan Hari Otonomi Daerah ke-27 ini, bagi daerah yang PAD-nya masih rendah agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah. Dengan demikian akan terjadi peningkatan PAD, yang harapannya dapat melampaui besaran TKDD yang diterima daerah tersebut.

Namun, ia menekankan agar langkah dan terobosan itu mesti tetap memperhatikan hukum dan norma yang ada, serta tidak memberatkan rakyat.

  • Bagikan