Kepala Daerah Se-Indonesia Hadiri Peringatan Otda di Makassar, Ini Pesan Mendagri Tito Karnavian

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR — Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) di Makassar. Menurutnya, peringatan ini harus diartikan sebagai sebuah refleksi terhadap seluruh daerah.

“Kita sedang memperingati hari otonomi daerah, ini acara luar biasa,” kata Tito saat ditemui di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Mantan Kapolri ini menjelaskan, ujung dari otonomi daerah ialah terwujudnya kemandirian fiskal oleh daerah sehingga tidak harus dibantu terus oleh pemerintah pusat.

“Kita ada spirit perubahan bagi bangsa Indonesia. Dari sentralisasi pusat dengan adanya otonomi daerah, kita realisasikan di daerah-daerah supaya daerah memiliki ruang manufer untuk bisa mengembangkan daerah masing-masing,” jelas Tito.

Ia tak ingkar, saat ini tiap daerah masih perlu berbenah.

“Kita melihat masih ada plus minus, kita perlu membangun lagi,” ujarnya.

Tito menekankan, agar daerah memiliki kemampuan entrepreneurship atau kewirausahaan untuk membaca peluang daerah masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan agar tercipta kemandirian fiskal.

Dengan begitu, kata dia, tema Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul sekaligus membuat Indonesia menjadi negara dominan di tingkat regional hingga internasional.

Di sisi lain, ia mengapresiasi kegiatan yang dihelat di kota yang berjuluk Kota Daeng itu. Menurutnya, ini merupakan even kedua terbesar yang dihadiri seluruh Kepala Daerah se-Indonesia.

"Sebelumnya ada acara besar dengan Presiden RI Jokowi yang dihadiri forkopimda dan seluruh kepala daerah di Sentul. Itu salah satu acara terbesar, tetapi indoor. Outdoornya, inilah yang terbesar di Makassar ini," ucapnya.

  • Bagikan