Krisis Air di Kecamatan Tallo, Bappeda akan Bangun Sumur Bor dan Ipal Komunal

  • Bagikan

Untuk itu kata Helmy, 2023 ini sudah dibangun sumur bor dan sarana ipal komunal. Ketika masalah air ini bisa di pecahkan maka biaya yang dikeluarkan untuk air ini bisa dialihkan ke lainnya, misal membeli makanan bergizi atau susu untuk anak.

"Daerah pesisir memang masalahnya soal air. Ini yang terjadi di Kecamatan Tallo," ucapnya.

Kabid Iptek Pembangunan Balitbang,
Muhammad Amri mengatakan ada beberapa point penting yang bagus disajikan dalam penelitian soal air ini. Jika memungkinkan, bisa menyajikan data kondisi ekonomi masyarakat yang jadi sampel.

Pasalnya melihat ketersediaan air melalui galon menimbulkan efek pembiayaan. Tapi ada juga kondisi masyarakat yang cukup, jadi pembelian air galon tidak menjadi beban.

"Kalaupun masyarakat terbebani maka ada terobosan yang mau dibuat untuk bisa dimanfaatkan masyarakat demi air minum," tuturnya.

Telah dijelaksan oleh Bappeda Kota Makassar jika bakal dibangun ipal komunal dan sumur bor. Namun perlu diperhatikan juga kondisi kebersohan lokasi pembangunan, sebab ada penyakit yang bisa timbul karena kurangnya akses air bersih.

"Kami siap memberikan dukungan namun bisa ditarik luas untuk penelitian sehingga ini bisa menjadi materi dalam program pembangunan kota makassar untuk isu air bersih," tutupnya.

Program Manager Celebes Green Project, Indah Arifah Febriany mengatakan Webinar ini merupakan salah satu bentuk kemitraaan yang dilakukan.

"Jadi ada institusi Antara Celebes Green Project dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar. Membahas mengenai air bersih di Kecamatam Tallo, juga untuk memenuhi produk knowledge program Makassar Je'ne Tallasa," ujarnya.(*)

  • Bagikan