Tren Belanja Online Selama Ramadhan-Lebaran 2023 di Tokopedia, Ini Produk yang Paling Laris

  • Bagikan

Tokopedia juga mempermudah masyarakat melakukan mudik dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. “Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” ujar Ekhel.

Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming Tokopedia PLAY.

“Jam ngabuburit merupakan waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY,” tambah Ekhel.

Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi juga mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online. “Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp5M zakat terkumpul di Tokopedia,” tutup Ekhel.

Lebih dari 40% Pesanan ‘Dilayani Tokopedia’ Sepanjang Ramadhan 2023 Dikirim Pakai Kurir Instan

Tokopedia menghadirkan berbagai inisiatif untuk #LengkapiRamadan pelaku usaha agar mereka bisa memaksimalkan penjualan. Salah satunya adalah inisiatif Hyperlocal.

Hyperlocal Tokopedia menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

“Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40% pesanan Dilayani Tokopedia selama Ramadan 2023 dikirim menggunakan layanan pengiriman instan,” ungkap Ekhel.

Selain inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki. Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

  • Bagikan