Pantau Jembatan Tani Yang Rusak, Wabup Maros Akan Lakukan Perbaikan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAOS -- Pemerintah Kabupaten Maros berencana membangun jembatan di
Dusun Bonto Paddingin, Desa Bonto Tallasa Kecamatan Simbang Kabupaten Maros.

Jembatan kayu ini merupakan akses satu-satunya bagi para petani di Bonto Tallasa.

Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari pun memantau langsung kondisi jembatan yang nyaris rusak.

Dia pun memastikan akan meminta kepada SKPD terkait untuk melakukan pembenahan jembatan.

"Bila perlu, kita akan melakukan rehab jembatan secara total. Karena ternyata setelah kami melihat langsung, memang kondisi jembatan ini mengkhawatirkan. Sementara ini menjadi akses satu-satunya puluhan petani untuk mengangkut hasil panennya,"ungkapnya.

Jembatan ini kata dia, sudah berusia dua puluh tahun. Namun hingga saat ini tidak pernah sekalipun dibuatkan jembatan yang permanen.

"Katanya sudah 20 tahun, tapi tidak pernah yang permanen. Hanya terbuat dari kayu. Sementara jembatan itu kadang dilalui traktor milik petani. Makanya sudah saatnya kita buatkan jembatan permanen. Biar petani lebih mudah mengakses hasil panennya,"jelasnya.

Bukan hanya jembatan saja yang akan diperbaiki, tapi jalan pertanian juga diharapkan bisa diperbaiki tahun ini.

"Karena ternyata kondisi jalan pertanian juga turut mempengaruhi harga gabah yang dibeli pengusaha dari petani. Karena akses yang jelek dan susah dijangkau. Karena mereka membutuhkan biaya angkut yang tidak sedikit," jelasnya.

Sementara itu sakah satu Staf Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang Perhubungan dan Pertanahan Kabupaten Maros, Andi Iwan mengatakan, jembatan tersebut merupakan jembatan yang menghubungkan Bonto Pa'dingin ke jalan Maccopa. Rencananya jembatan ini akan berukuran panjang 12 meter, dengan lebar 5 meter.

  • Bagikan