Petani di Sinjai Timur Diajar Buat Pupuk Organik Biosaka

  • Bagikan
Para petani di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur dilatih cara pembuatan pupuk organik Biosaka. Kegiatan pelatihan ini disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai H. Kamaruddin dan Camat Sinjai Timur, Akbar.

FAJAR.CO.ID, SINJAI - Para petani di Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur dilatih cara pembuatan pupuk organik Biosaka. Kegiatan pelatihan ini disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai Kamaruddin dan Camat Sinjai Timur, Akbar.

Kegiatan yang bertempat di rumah salah satu warga di Desa Sanjai ini digagas oleh Kelompok Tani Lumbung Rakyat dan diikuti oleh para Ketua kelompok Tani yang ada di Desa Sanjai, beberapa waktu lalu.

Kadis TPHP Sinjai H. Kamaruddin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Kelompok Tani Lumbung Rakyat yang telah menjadi inisiator dalam pelaksanaan praktek pembuatan pupuk biosaka.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur karena salah satu kelompok petani kita di Desa Sanjai ini menggagas cara pembuatan pupuk organik biosaka. Ini tentu sangat penting dalam meningkatkan produksi komuniti tanaman pangan dan perkebunan. Apalagi metode ini selalu diperkenalkan oleh bapak Menteri Pertanian,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahan alami biosaka adalah ekstrak hasil remasan berbagai macam tanaman sehat yang tumbuh di sekitar areal pertanaman yang sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Biosaka ini memiliki keunggulan dan menguntungkan para petani. Selain produksi tanaman yang dihasilkan bagus, petani dapat berhemat penggunaan pupuk kimia.

“Teknologi biosaka ini dapat mengatasi berbagai permasalahan keterbatasan pupuk yang sering dialami petani. Apalagi saat ini produksi pupuk subsidi dari Pemerintah berkurang jumlah dan jenisnya sehingga diperlukan pupuk alternatif,” imbuhnya.

  • Bagikan