KUR dan Smart Farming Sejahterakan Petani

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PADANG—Dari PENAS XVI KTNA Padang, Sumatera Barat, Direktorat Pembiayaan, Ditjen PSP Kementan memacu penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat) pertanian untuk mempercepat roda pergerakan usaha tani.

DIREKTUR Pembiayaan Ditjen PSP Kementerian Pertanian (Kementan), Indah Megawati, menyampaikan hal itu saat dalam program ‘Bincang Tipis-Tipis' bersama Erman Tale Daulay dari kanalTale Trias Info dan Tik Tok ‘Bincang Tipis-Tipis’ di arena Penas XVI KTNA Padang, Sumatera Barat.

Indah Megawati menyampaikan, arena Penas XVI di Padang adalah pesta petani yang digelar tiga tahun sekali. Di Penas kali ini juga ditampilkan semarak teknologi pertanian dengan maksud menggalakkan smart farming.

Di arena Penas KTNA yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani ini juga ada nelayan dan masyarakat kehutanan juga. Di Penas ini bukan hanya petani saja yang berkumpul, namun ada juga kalangan pengusaha dan para stakeholder lainnya.

" Para petani dari berbagai daerah di arena KTNA ini diharapkan bisa saling bertukar informasi penting terutama terkait pertanian, termasuk kiat-kiat menghadapi musim kemarau panjang atau El Nino, serta menyongsong situasi pascapandemi Covid-19 yang telah menyebabkan ekonomi petani menjadi terganggu," kata Indah Megawati.

Solusi dari pemerintah, lanjutnya, adalah bagaimana para pihak bisa saling bersinergi, antara pemerintah, petani sebagai pelaku serta para pengusaha yang akan menampung dan memasarkan produk-produk pertanian petani. Ini semua sangat membutuhkan modal pembiayaan.

  • Bagikan