Pemerintah Indonesia dan AIHSP Berbagi Pembelajaran Terkait Komunikasi Resiko dan Pemberdayaan Masyarakat untuk Vaksinasi COVID-19 yang Inklusif

  • Bagikan

Selama dua tahun pelaksanaan program, ada banyak pembelajaran dan apresiasi yang dapat dibagikan. Oleh karena itu, AIHSP melalui mitranya, Save the Children, mengadakan kegiatan “Apresiasi dan Pembelajaran Program Komunikasi Risiko dan Pemberdayaan Masyarakat dan Dukungan Vaksinasi COVID-19 AIHSP” di Hotel Grand kemang, Jakarta, pada 26 Juni 2023. Kegiatan ini menjadi ajang berbagi cerita, pembelajaran dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah memungkinkan upaya kolektif ini berlangsung dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, dibahas berbagai pembelajaran dan solusi praktis terkait tantangan dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 yang inklusif pada kelompok rentan. Hal ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan rekomendasi bersama untuk aksi tindak lanjut oleh semua pihak yang terlibat dalam usaha percepatan vaksinasi COVID-19 sehingga menjangkau kelompok berisiko tinggi secara bermakna dan bermartabat.

John Leigh, Direktur Program AIHSP menjelaskan bahwa tujuan besar AIHSP adalah mendukung penguatan sistem ketahanan kesehatan di Indonesia. “AIHSP mendorong kerjasama multipihak yang melibatkan berbagai sektor. Selain sektor swasta, media, profesional dan akademisi, peran signifikan Pemerintah dan organisasi masyarakat sipil sebagai pelaksana program, sangat menentukan keberhasilan capaian program ini,” ujar John.

“Dalam upaya yang menyeluruh, kami percaya bahwa kekuatan jejaring dan kerja sama ini menjadi warisan yang harus terus diperkuat. Jejaring yang telah terbangun akan menjadi modal utama semua inisiatif yang telah dilakukanoleh AIHSP dan mitra. Dari pengalaman ini, kita dapat saling belajar bahwa masyarakat, juga dapat berkontribusi membangun kesiapan negara dalam menghadapi tantangan kesehatan di masa mendatang,” tutup John.

  • Bagikan