Desa Barania Mulai Ikuti Penilaian Lomba Desa Tingkat Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Tim penilai lomba desa dan kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel (Sulsel) menyambangi Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Selasa (27/6/2023)

Kedatangan rombongan tim penilai yang dipimpin Andi Muh. Akbar Ratu Prawiranegara disambut langsung Bupati Sinjai yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa didampingi Kepala Desa Barania, Firman M Maddolangeng.

Hadir pula anggota DPRD Sinjai, Nur Alam, perwakilan Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat Sinjai Barat serta tokoh masyarakat, Agama, pemuda hingga pengurus PKK kecamatan dan Desa Barania.

Selain menyampaikan ucapan selamat datang, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa yang membacakan sambutan Bupati menjelaskan sejumlah potensi dan keunggulan yang dimiliki Desa Barania.

Seperti salah satunya adalah di sektor pariwisata yang telah dikenal keindahan alamnya. Melalui potensi inilah menjadikan Desa Barania berhasil menyabet penghargaan juara pertama Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 kategori Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE).

Tak hanya itu di tahun yang sama, Desa Barania juga berhasil keluar sebagai juara kedua lomba Promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2022 dengan objek wisata Kampoeng Galung.

Selanjutnya Desa Barania mampu mengembangkan berbagai informasi misalnya penggunaan biogas, pencacah tembakau dan pembersih wortel yang merupakan inovasi desa dan telah dinikmati oleh masyarakat.

Kemudian Desa Barania, juga telah menerapkan sistem teknologi informasi dalam berbagai kegiatan dan pelayanan misalnya pelayanan online gerai Panrita, penggunaan barcode website desa, dan transaksi non tunai.

  • Bagikan