Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Desa Wisata, Ini Harapan Kadisparbud Sinjai

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola desa wisata di Kabupaten Sinjai.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ke depan, ini berlangsung di Gedung Pertemuan, dan dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, Kamis (6/7/2023)

Kedisparbud Sinjai, Tamzil Binawan menuturkan, pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi agar profesional dan berkualitas dalam mengelola Desa Wisata.

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 40 peserta yang merupakan perwakilan dari 20 Desa Wisata yang telah dibentuk sebelumnya oleh Disparbud Sinjai.

“Tujuannya meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi dalam pengembangan desa wisata agar lebih profesional dan berkualitas. Jadi nanti hari terakhir 8 Juli kita akan laksanakan di Desa Barania, Sinjai Barat,” pungkasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, penegasan pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar pengelola desa wisata mampu mengetahui dan memahami pengetahuan dasar tentang kepariwisataan serta pentingnya Sapta pesona dalam mewujudkan masyarakat sadar wisata.

“Yang paling penting mampu memberikan pelayanan kepada wisatawan memberi peluang dan peran yang sebesar-besarnya kepada masyarakat dalam membangun kepariwisataan melalui desa wisata,” ucapnya.

Menurut Ilham, kehadiran desa wisata memiliki peran sentral dalam mendorong sektor perekonomian masyarakat setempat. Dengan demikian akan menciptakan lapangan kerja, dan dampaknya akan mengurangi respons.

  • Bagikan