Pemkab Sinjai Kucur Rp6 Miliar Bantuan Anggaran ke Kelompok Perikanan, Disalurkan Bulan Depan

  • Bagikan
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Syamsul Alam.

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berupaya menghadirkan berbagai program pemberdayaan. Salah satunya di sektor yang menjadi perhatian adalah budidaya ikan.

Hal ini karena penguatan produksi ikan menjadi salah satu penopang bagi pemenuhan dan ketahanan pangan masyarakat. Untuk itu, Melalui Dinas Perikanan akan menyalurkan stimulus untuk pembudidaya ikan berupa bibit ikan, pakan dan sarananya.

Bantuan tersebut untuk kelompok budidaya air tawar, budidaya air payau, kelompok budidaya rumput laut. Termasuk juga ada bantuan pengolahan abon dan pengasapan ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai Syamsul Alam, Selasa (11/7/2023) menuturkan bahwa bantuan budidaya air payau terdiri dari 5 paket yang didalamnya ada benih ikan bandeng, benur udang windu, pakan, pupuk dan pompa.

Sedangkan untuk kelompok pembudidaya air payau terdiri dari 11 paket yang didalamnya ada benih ikan nila dan pakan pellet.

Selain itu, juga ada bantuan benih ikan nila salin sebanyak 5 paket yang dilengkapi dengan pakan, pupuk urea dan SP36 serta kapur.

Untuk bantuan sarana dan prasarana budidaya sistem polikultur (udang, bandeng dan rumput laut) terdiri dari dua paket yang didalamnya ada bibit nener, benur, bibit gracillaria, pakan dan pupuk.

Sementara untuk, kelompok bantuan sarana dan prasarana budidaya rumput laut ada 5 paket bantuan yang terdiri atas bibit rumput laut gracillaria, tali, tali bentang dan pelampung.

"Bantuan ini akan disalurkan kepada pokdakan yang ada diberbagai kecamatan. Saat ini bantuan tersebut dalam proses lelang dan direncanakan akan disalurkan paling lambat pada bulan Agustus 2023 mendatang," jelasnya.

  • Bagikan