Diikuti 562 Peserta, Bupati Maros Buka Ukom Nakes Tingkat Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sebanyak 562 tenaga kesehatan (Nakes) ikut dalam uji kompetensi jabatan fungsional tenaga kesehatan tingkat nasional, Kamis, 13 Juli di Hotel Dalton Makassar.

Kegiatan yang digelar Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros ini dibuka langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

Menariknya, sebab uji kompetensi ini diikuti ratusan peserta tenaga kesehatan dari beberapa Provinsi. Mulai dari Papua, Sulawesi, NTT hingga Jawa Tengah.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam mengatakan kalau uji kompetensi ini diikuti oleh 562 peserta dari tenaga kesehatan yang berlatar belakang ASN.

"Jadi pesertanya tak hanya berasal dari Kabupaten Maros saja. Bahkan ada dari luar Sulsel. Seperti Jawa Tengah, Papua, NTT dan Kalimantan," katanya.

Dia juga mengatakan kalau peserta dites oleh 32 penguji.

"Ada 32 penguji yang sudah di SK kan langsung dari Kementerian Kesehatan, dan telah diuji sebelumnya oleh Kemenkes langsung," jelas mantan Ketua DPRD Maros ini.

Adapun tujuan uji kompetensi ini kata dia, untuk menciptkan tenaga kesehatan yang profesional.

"Ini untuk meneliti bagaimana secara administrasi dan pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat,"katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Muhammad Yunus mengatakan, ada 17 jabatan fungsional nakes yang diujikan.

"Ada 17 jabatan, diantaranya Perawat, Bidan, Dokter, Dokter Gigi dan Apoteker,"ungkapnya.

Namun yang paling banyak diminati adalah jabatan perawat dan bidan.

"Perawat ada 200 lebih dan bidan 100 an lebih," kata mantan Kapus Bantimurung ini.

  • Bagikan