Kerap Jadi Langganan Banjir, Sekda Sinjai Minta Warga Rutin Bersihkan Drainase

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Warga Kecamatan Sinjai Utara diingatkan untuk senantiasa menjaga lingkungan sekitar dan kebersihan drainase dengan secara rutin melakukan pembersihan.

“Kebersihan saluran drainase sangat penting untuk terus dijaga agar saluran air dapat berfungsi dengan baik, terlebih saat musim hujan seperti saat ini” kata Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Jumat (14/7/2023).

Dia mengakui, sejauh ini penyebab banjir selama ini disebabkan saluran air yang tidak berfungsi dengan baik, dan hal tersebut menjadi perhatian dari pemerintah Kabupaten Sinjai.

Untuk itu, kata Sekda, perlu kesadaran dan tanggung jawab dari seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah dan mematuhi aturan saat mendirikan bangunan diatas saluran-saluran drainase.

“Setidaknya saluran air di depan rumah dijaga agar terbebas dari sampah dan sedimen yang bisa menghambat aliran air. Apabila semua warga bergotong royong dengan rutin maka genangan air ini pasti bisa dihindari,” ujarnya.

Selain itu Sekda Sinjai juga mengharapkan kepada warga yang membangun rumah atau plat dekker agar memperhatikan sisa material yang digunakan agar tidak tertinggal diatas drainase.

“Terbukti hari ini selain sedimen lumpur dan sampah, banyak sisa material bangunan seperti balok dan papan yang menghambat arus air di drainase. Mudah-mudahan warga terketuk hatinya untuk senantiasa memelihara kebersihan drainase didepan rumah masing-masing,” harapnya. (sir)

  • Bagikan