Hadiri Acara Kebudayaan Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023, Ketua DPRD Wajo Sampaikan Ini

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SOPPENG -- Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Andi Alauddin Palaguna menghadiri acara Gau Maraja Lapatau Soppeng 2023 di Kabupaten Soppeng, Sabtu malam, 15 Juli 2023.

Acara yang bertajuk Kebudayaan Mengangkat Sejarah Kabupaten Soppeng, dilaksanakan Pemkab Soppeng di bawah komando Andi Kaswadi Razak dan Lutfi Halide, dihelat 15-18 Juli di Lapangan Gasis.

Andi Alauddin Palaguna datang bersama beberapa legislator Wajo lainnya, seperti Ketua Komisi I DPRD Wajo Ambo Mappasessu, berserta Andi Syamsu Alam dan Andi Sumange.

Andi Alauddin mengapresiasi kegiatan tersebut. Selain karena mengingatkan sejarah singkat tokoh besar Soppeng, Lapatau. Juga dihadiri 9 negera.

Yakni, Singapura, Amerika, Australia, Jepang, Belanda, Brunei Darussalam, Filipina, dan Indonesia.

"Ada 9 bendera negeri dikibarkan pada acara pembukaan. Saya kira ini acara kebudayaan yang spektakuler," ujar pria disapa Alon ini.

Lapatau merupakan salah satu tokoh besar di daerah yang dikenal Kota Kelelawar atau Kita Kalong itu. La Patau Matanna Tikka Sultan Azimuddin Idris sebagai seorang Raja dan Sultan Bugis yang memiliki peran besar dalam kemerdekaan Indonesia.

"Ini langkah sangat bagus oleh Pemkab Soppeng, supaya masyarakat tetap mengingat bagaimana perjuangan tokoh Soppeng," bebernya.

Kharisma dan kepiawaian Puanta Lapatau Matanna Tikka sangat luar biasa. Tidak beberapa lama diangkat sebagai Arumpone ke 16, kemudian di nobatkan menjadi Datu Soppeng ke 18 serta menjadi Renreng Tua Wajo.

"Mungkin dari sini muncul nama BOSOWA dan menyelesaikan jabatannya dengan baik sampai Mangkat. Semoga figur Puanta ada diikuti Wijanna," pintanya.

  • Bagikan