Ini Harapan Pemkab Sinjai di Tablig Akbar Tahun Baru Islam Muhammadiyah Sinjai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Memasuki tahun baru Islam 1445 Hijriah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sinjai menggelar Tablig Akbar, Kamis, (20/7/2023) di Auditorium H.M Amir Said Kampus Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIAD) Sinjai.

Mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA), Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Lukman Fattah dalam sambutannya mengucapkan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sinjai.

Dia mengatakan bahwa, tahun baru dalam Islam biasa juga disebut Hijriah di karenakan hal itu untuk mengenang peristiwa atau memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT, serta mengimplementasikannya dengan menebar rahmat bagi semesta alam.

“Berhijrah, memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru. namun, hijrah memiliki banyak makna. berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhaan Allah SWT. Hijrah juga dapat diartikan sebagai salah satu prinsip hidup. Seseorang dapat dikatakan hijrah jika telah memenuhi dua unsur, yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang ditujunya,” ujarnya saat membacakan sambutan tertulis Bupati ASA.

Lukman Fatah menambahkan bahwa, dalam islam kita tidak mengenal tradisi merayakan tahun baru dengan kegiatan yang di warnai dengan hura-hura yang sifatnya mubasir. Sebaliknya islam mengajarkan kepada umatnya agar memanfaatkan waktu dengan sebaik- baiknya untuk memperbanyak amal ibadah

  • Bagikan