Tim Verifikasi Mulai Lakukan Pemantauan, Pemkab Maros Target Proklim Lestari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Pemerintah Kabupaten Maros menerima tim verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim), Rabu, 2 Agustus.

Tim ini akan memantau dan memeriksa lokasi yang masuk dalam penilaian proklim di Kabupaten Maros.

Bupati Maros AS Chaidir Syam menjelaskan, tim yang terdiri dari tujuh orang ini akan mulai bekerja besok.

"Secara keseluruhan tim yang datang kali ini terdiri dari tujuh orang. Tiga dari Kementerian, dua orang dari Balai, dan dua orang dari provinsi," jelasnya.

Dia menjelaskan, Proklim merupakan program berskala nasional yang dikelola oleh Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

"Kegiatan adaptasi ini dapat dilakukan dengan cara penanamam pohon untuk menghindari longsor dan polusi udara serta resapan air. Juga termasuk di dalamnya adalah bagaimana mengelola sampah. Dan kita di Maros, sudah ada beberapa desa yang mulai mengelola sampahnya sendiri," ungkapnya.

Untuk di Kabupaten Maros sendiri kata dia, kegiatan proklim sendiri bukanlah hal yang baru. Terbukti sejak tahun 2019 hingga 2021 kabupaten Maros telah meraih 37 penghargaan.

"Kita sudah mendapatkan sekitar 37 penghargaan. Beberapa diantaranya adalah 1 trofi utama, 13 sertifikat utama, 20 peraih sertifikat proklim madya, 3 peraih sertifikat proklim pratama," katanya.

Ditahun 2023 ini Pemkab Maros pun menargetkan akan mendapatkan Proklim Lestari.

  • Bagikan