Indira Ajak Kader Melek Digital

  • Bagikan
Ketua Tim Penggerak PKK Makassar, Indira Jusuf Ismail

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Ketua Tim Penggerak PKK Makassar mengajak seluruh kader untuk memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Dasawisma (Simandas) untuk memperkuat 10 program pokok PKK Makassar.

Aplikasi berbasis web ini disebut mampu berbagai kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Pun pelatihan penggunaannya digelar oleh PKK di Hotel Best Western Plus Makassar Beach, Senin, 7 Agustus.

Kegiatan diikuti oleh kelompok Dasawisma, pengurus serta kader PKK kelurahan se-Kecamatan Ujung Pandang. Mereka diberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi data dasawisma dan pembekalan pengetahuan terkait 10 Program Pokok PKK.

Indira menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program-program PKK di tingkat kecamatan.

Aplikasi disebut mampu mendata dan memonitor potensi serta kebutuhan masyarakat di wilayah kecamatan. Oleh karena itu, dirinya menekankan perlunya validasi data yang tepat di lapangan.

Makanya dirinya juga mengharpkan kerja sama yang baik antar kader dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan setempat untuk memperoleh data yang tepat.

"Aplikasi dasawisma ini berbasis data, tentu data yang kita punya harus data yang akurat. Seluruh kader dasawisma mohon perhatiannya untuk benar-benar tahu seperti apa itu aplikasi dasawisma jadi tidak asal menginput data," urainya.

Indira mengatakan, data-data ini banyak manfaatnya, khususnya untuk kelangsungan program jangka panjang ke depannya.

Camat Ujung Pandang Syahrial Syamsuri mengungkapkan jumlah penduduk di wilayahnya hanya berkisar 27 ribu penduduk. Jumlah ini merupakan jumlah penduduk terkecil kedua di Kota Makassar setelah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

  • Bagikan