Apa yang Dimaksud dengan SEO? Penjelasan serta Manfaatnya untuk Toko Online

  • Bagikan

Dengan mengoptimalkan situs untuk mesin pencari Google, website dapat menarik lebih banyak audience potensial. Tidak hanya sebatas jumlah audience, SEO yang tepat juga memastikan bahwa audiens yang dijangkau sesuai dengan tujuan situs, seperti meningkatkan branding, meningkatkan transaksi, menyediakan sumber informasi, dan lain sebagainya.

Manfaat SEO untuk Toko Online

Sebagai salah satu elemen penting yang membantu meningkatkan visibilitas website, berikut beberapa manfaat lain dari SEO yang untuk toko online.

  1. Membantu Calon Pelanggan Menemukan Toko Online

Manfaat pertama dari SEO adalah kemampuannya untuk meningkatkan peringkat toko online bisnis sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Persaingan di dunia bisnis sangat ketat, dan setiap kesempatan untuk unggul dari pesaing harus dimanfaatkan.

Dengan SEO, toko online dapat berada di posisi teratas halaman Google. Peringkat yang tinggi ini memberikan dampak signifikan bagi konsumen, karena mayoritas orang cenderung hanya melihat toko online yang muncul di peringkat pertama hingga ketiga.

  1. Meningkatkan Brand Awareness dan Penjualan Secara Organik

Calon pelanggan biasanya lebih memilih produk atau jasa dari merek yang sudah mereka kenal dan sering digunakan sebelumnya. Sehingga adanya SEO dapat menjadi alat untuk meningkatkan branding bisnis dengan menciptakan konten positif, review informatif, serta kerjasama dengan blogger dalam bentuk penempatan konten (content placement).

Selain itu, SEO juga berperan dalam meningkatkan angka penjualan dengan mendatangkan audience secara organik yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu. Contohnya, jika Anda menjalankan bisnis sepatu kulit lokal, sebaiknya Anda melakukan optimasi untuk kata kunci seperti "beli busana muslim," "harga busana muslim murah," atau "toko busana muslim berkualitas"

  • Bagikan