UPTD SMPN 1 Sinjai Luncurkan Buku Antologi Cerpen di Momentum Peringatan Kemerdekaan RI

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Berbagai rangkaian kegiatan digelar dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia. Salah satunya dengan meluncurkan karya buku di momentum bersejarah bagi bangsa ini. 

Peluncuran buku tersebut dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sinjai. Buku antologi cerpen yang berjudul "Sejumput Asa yang Terpendam" merupakan karya dari enam guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 1 Sinjai. 

Mereka adalah, Suhaemi, S.Pd, Kaharuddin, S.Pd, St. Hasriani, S.Pd, Andi Hetty Herwaty Juhri, S.Pd, Meldawati, S.Pd, dan Nirwa, S.Pd. "Kami enam guru Bahasa Indonesia yang menulis cerpen lalu kita satukan dalam karya buku," kata Suhaemi, Sabtu (19/8/2023). 

Untuk menyelesaikan karya ini, mereka hanya butuh waktu selama tiga hari. Setiap guru diberikan tugas untuk membuat dua cerpen. "Proses cetaknya yang lama, kalau menulis cerpennya hanya butuh waktu tiga hari," akunya. 

Buku ini pun menjadi karya kedua UPTD SMPN 1 Sinjai. Sementara buku pertama terbit pada tahun 2019 dengan judul "Sujudku di Gelap Malam". Merupakan karya guru dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler (ekskul) Gerakan Literasi dan Menulis (Gelis) yang diprogramkan UPTD SMPN 1 Sinjai. 

"Buku pertama berisi kumpulan puisi yang ditulis oleh saya dengan siswa yang ikut ekskul Gelis, saat itu kami selesaikan dengan waktu satu minggu," tambahnya. 

Kepala UPTD SMPN 1 Sinjai, Syamsul Rijal, S.Pd.,MM sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penerbitan buku ini. Menurutnya, langkah ini merupakan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan sekolah. 

  • Bagikan