Sentra Industri Gula Aren Kini Hadir di Kecamatan Tompobulu

  • Bagikan
Bupati Maros, Chaidir Syam meresmikan sentra industri gula aren di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros di Desa Bonto Somba.

FAJAR.CO.ID, MAROS-- Sentra industri gula aren kini hadir di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros di Desa Bonto Somba.

Peresmiannya pun dilakukan langsung Bupati Maros, AS Chaidir Syam didampingi Ketua DPRD Maros, Andi Patarai Amir beserta unsur forkopimda dan para kepala OPD, Jumat, 25 Agustus lalu.

Bupati Maros AS Chaidir Syam mengatakan kalau ini merupakan support dari Kementerian Perindustrian setelah melihat potensi gula aren yang melimpah di Kecamatan Tompobulu.

"Potensi gula aren yang dimiliki Desa Bonto Manurung dan Bonto Somba sangat besar. Alhamdulillah bangunan sentra industri gula aren dapat mulai dimanfaatkan hari ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan kalau di lokasi inilah kemudian warga mengolah bahan baku menjadi gula aren hingga dikemas.

"Jadi di sini selain ada bangunan juga sudah disiapkan beberapa alat, seperti mesin yang digunakan untuk memasak gula aren, mesin pengering (oven), mesin kristalisator, mesin pengayak hingga mesin kemasan," jelasnya.

Dia mengatakan nantinya industri sentra gula aren ini juga akan dimanfaatkan oleh sentra-sentra industri lainnya.

"Bangunan ini adalah bangunan olahan, disebelah kanan ada kantor pengelola dan di depan adalah kantor pemasaran. Jadi bukan hanya gula aren, tetapi kita harapkan semua potensi yang ada nantinya bisa dibuat di tempat ini. Kemudian menghasilkan produk-produk UMKM," ungkapnya.

Dia menambahkan, meski telah diresmikan pemanfaatannya, pihaknya masih terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana.

"Kita berharap kehadiran industri sentra gula aren ini dapat membangkitkan produksi dan penghasilan masyarakat yang ada di Kecamatan Tompobulu," harapnya.

  • Bagikan