Genjot Program Smart Kampung, Pemkab Sinjai  Launching 2 Aplikasi Layanan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) membuka Workshop Smart Kampung sekaligus melakukan launching aplikasi Layanan Mandiri Smart Kampung Desa Tongke-Tongke dan aplikasi satu data (ASA), Rabu, (13/9/2023) di Gedung Command Center.

Dalam sambutannya, Bupati ASA mengatakan, pemanfaatan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif terus digaungkan Pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks. Hal tersebut sejalan dengan program Smart Kampung yang digagas dimasa Pemerintahan Bupati Sinjai.

Konsep pembangunan Smart Kampung itu sendiri merupakan pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing serta meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah dalam mendapatkan pelayanan publik.

Pelaksanaan smart kampung di Kabupaten Sinjai dimulai dengan mengaktifkan semua website desa dan kelurahan, sebab website tersebut yang akan menjadi landing page untuk semua informasi dan pelayanan publik yang disediakan oleh desa dan kelurahan.

Dia mengaku bangga karena berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kominfo dan Persandian saat ini hampir semua desa yang ada di Kabupaten Sinjai memiliki website desa.

“Insya Allah dengan adanya website desa tersebut kita punya harapan bisa dikoneksikan dengan layanan aplikasi satu data. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa aplikasi satu data merupakan arahan dari Presiden yang mana diharapkan bahwa setiap daerah bisa diketahui mengenai potensi daerahnya,” ujarnya.

Nantinya satu data ini akan menjadi pijakan bagi pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan. Dengan begitu aplikasi ini bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik tentu bukan hanya dari pemerintah kabupaten tetapi juga untuk pemerintah desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

  • Bagikan