Aparat Desa Harus Mahir Mengelola Website Desa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Para aparat desa di Kabupaten Takalar harus mahir mengelola website desa agar masyarakat setempat mudah mengakses berbagai informasi dan keperluan yang dibutuhkan di Kantor Desa.

“Kalau website desa sudah ada dan diisi dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan masyarakat, maka masyarakat tidak perlu datang dan antre di kantor desa, tapi cukup dengan membuka website desa dan mengklik aplikasi yang ada di website desa tersebut, maka keperluan mereka pun terpenuhi tanpa perlu datang ke kantor desa,” kata wartawan senior pelatih Nasional Wartawan PWI, Asnawin Aminuddin.

Hal itu ia kemukakan saat tampil sebagai pemateri pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparat Desa se-Kabupaten Takalar Angkatan II Tahun 2023, di Hotel Lynt, Jl Hertasning, Makassar, Ahad, 8 Oktober 2023.

Asnawin yang membawakan materi “Peran Jurnalis dalam Meningkatkan Akses Pembangunan Desa” mengatakan, selain aplikasi persuratan, aplikasi perizinan dan aplikasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat, website desa juga sebaiknya diisi dengan berbagai informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh kepala desa dan aparat desa.

“Kalau Kepala Desa menghadiri kegiatan di masyarakat, misalnya khitanan, olahraga, maka itu sudah bisa dijadikan berita di website desa. Muat saja fotonya ditambah keterangan gambar, itu sudah cukup. Tidak perlu panjang-panjang. Yang penting website desa harus sering-sering diperbaharui informasinya, sehingga masyarakat dan pemerintah kabupaten tahu bahwa ada aktivitas yang dilakukan secara rutin di desa kita,” tutur Asnawin.

  • Bagikan