Mengenal Sosok Caleg PSI James Wehantouw, Wartawan Senior dan Mantan Promotor Musik di Makassar

  • Bagikan

Oleh : Ir. Muhammad Zainal Altim, MT
Dosen Fakultas Teknik UMI Makassar & Mantan Wartawan Harian Fajar

SEBANYAK 50 orang figur Calon Legislatif (Caleg) telah diusung oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) maju bertarung di Pemilu 2024 pada 5 (lima) Daerah Pemilihan (Dapil) meliputi 15 kecamatan di wilayah berjuluk Kota Anging Mammiri ini untuk memperebutkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Para figur andalan dari partai bernomor urut 15 dan berlambang gambar tangan memegang bunga mawar ini terdiri dari beragam profesi. Diantaranya, ada pengurus dan kader partai, pengusaha, pengacara, dosen, musisi dan seniman, tokoh agama, aktivis mahasiswa maupun organisasi pemuda, wartawan hingga masyarakat biasa.

Dari sederet nama figur caleg tersebut, seorang diantaranya adalah tokoh baru yang siap memasuki dunia politik untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi mendatang. Pria kelahiran Airmadidi, Provinsi Sulawesi Utara, 4 September 1962 dan berlatar belakang jurnalis itu punya nama lengkap, James Leonard Alanus Wehantouw.

Wartawan senior di Kota Makassar yang saat ini masih menjabat Anggota Dewan Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan, dikenal sebagai sosok jurnalis terbilang idealis, realistis, berintegritas dan memiliki kepedulian tinggi terhadap isue-isue sosial, hukum dan politik yang mempengaruhi kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

Karirnya sebagai wartawan dimulai pada tahun 1979 ketika dipercayakan menjadi kontributor/koresponden/wartawan Majalah Musik & Film AKTUIL, Majalah VISTA, Majalah SHOWBIZ dan Tabloid ROCK yang semuanya terbit di Jakarta. Seiring waktu, tahun 1986 dia dipanggil bergabung di Surat Kabar Harian PEDOMAN RAKYAT Makassar hingga koran tersebut berhenti terbit pada tahun 2007.

  • Bagikan