Alhamdulillah, Bantuan Pupuk Hayati Cair dari Kementan Sasar 42 Gapoktan di Sinjai

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Satu unit mobil kontainer berisi Pupuk Hayati Cair (PHC) tiba di Kabupaten Sinjai, Jumat (20/10/2023) siang. Pupuk ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian untuk para petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin melalui Kepala Bidang Sarana, Prasarana dan Penyuluhan Pertanian Hj. Surianti mengatakan bahwa bantuan PHC ini jumlahnya sebanyak 70.575 liter untuk dibagikan kepada 42 gapoktan yang ada di Sinjai.

“Pupuk hayati cair ini bantuan dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian sebanyak 70.575 liter untuk 42 gabungan kelompok tani,” kata dia.

Dia menjelaskan bantuan ini menyasar lahan pertanian untuk jenis tanaman pangan seperti padi, jagung dan palawija untuk musim tanam Oktober-Maret 2024.

Bantuan PHC ini diberikan kepada kelompok tani yang selanjutnya dibagikan kepada para anggota kelompok, dimana dosis penggunaannya lima liter PHC bisa untuk satu hektare lahan pertanian.

“PHC ini untuk tanaman padi, jagung dan palawija lainnya dengan tujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan. Pupuk ini sudah ada yang didistribusikan kepada kelompok tani,” terangnya.

Surianti menambahkan, PHC ini ramah lingkungan yang memiliki manfaat untuk mengurangi dosis NPK, kaya mikroba hayati sehingga dapat menyuburkan tanah.

“Bantuan ini diharapkan dapat mensubtitusi kebutuhan pupuk anorganik atau pupuk kimia yang alokasinya sangat terbatas dan harganya mahal sehingga dapat meringankan beban petani dan mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia,” tambahnya. (rls)

  • Bagikan