Pj Bupati Sinjai Sambut Baik Upaya eSeaweed Indonesia Foundation Kendalikan Sampah Plastik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Penjabat Bupati (Pj Bupati) Sinjai T.R Fahsul Falah menyambut baik upaya pengendalian dan pengelolaan sampah plastik yang dihasilkan dari aktivitas budidaya rumput laut.

Hal itu diungkapkan Pj Bupati T.R Fahsul Falah saat mendampingi Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya Awaludin saat meninjau langsung lokasi aksi bersih sampah yang akan dipusatkan di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kamis, (26/10/2023) sore.

Menurut T.R sapaan Pj Bupati Sinjai, pengendalian dan pengelolaan sampah plastik merupakan program eSeaweed Indonesia dengan melaksanakan pembersihan sampah dalam rangka untuk meningkatkan mutu rumput laut sekaligus untuk mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan.

Kerja sama pembersihan sampah ini juga sejalan dengan program pengelolaan sampah yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai.

“Pengendalian dan pengelolaan sampah plastik juga merupakan program prioritas kami selaku Pj Bupati Sinjai karena nanti masyarakat akan melihat yang dulunya ini sampah nanti akan berubah menjadi nilai ekonomis,” ujarnya.

Disisi lain, bagi Pemerintah Daerah akan menjadi pendapatan asli Daerah. Sebab, sampah-sampah nantinya yang sudah dipisahkan akan dibeli oleh salah satu investor yang akan dimasukkan diakhir tahun 2023.

Sementara itu, Ketua eSeaweed Indonesia Foundation, Andi Marcelya Awaludin mengatakan aksi bersih sampah merupakan program yang diinisiasi oleh Pangdam di delapan Kabupaten khususnya di Daerah pesisir. Rencananya, ini akan dilakukan secara serentak diatas tanggal 6 atau awal November 2023.

  • Bagikan