Andi Bukti Djufrie: Inovasi Kunci Peningkatan Daya Saing dan Kesejahteraan di Makassar

  • Bagikan
Andi Bukti Djufrie

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Mewakili Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada pembukaan penyusunan Profil Inovasi Daerah 2023, Andi Bukti Djufrie mendorong setiap elemen harus melakukan inovasi.

Andi Bukti, sapaan akrabnya mengatakan, agenda ini bagian dari kegiatan Uji Coba dan Penerapan Rancang
Bangun atau Model Reflikasi dan Invensi di Bidang Difusi Inovasi dan Penerapan Teknologi.

Dikatakan Andi Bukti, inovasi tersebut penting sebab merupakan kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan kesejahteraan masyarakat.

"Inovasi menjadi salah satu tool atau alat dalam mengakselerasi peningkatan daya saing Indonesia," ujar Andi Bukti di Hotel Horison, Selasa (31/10/2023).

Andi Bukti menuturkan, setiap elemen negara yang meliputi pemerintah, swasta, dan masyarakat sipil harus melakukan inovasi.

Menurutnya, pemerintah daerah menjadi salah satu ujung tombak pelayanan publik yang wajib melakukan inovasi.

Pelayanan publik yang inovatif, kata dia, akan meningkatkan pelayanan, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan daya saing yang semakin tinggi.

"Kemampuan daya saing daerah yang tinggi pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Lanjutnya, sebuah inovasi selain diperlukan untuk meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

"Pada dasarnya juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari reformasi birokrasi," imbuhnya.

Andi Bukti mengatakan, reformasi birokrasi dicanangkan untuk memperbaiki penyakit-penyakit di sektor publik melalui pembaruan di delapan area sasaran.

  • Bagikan