Begini Harapan Kadiskominfo Sinjai di Forum Desa Cinta Statistik

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai bekerjasama Pemerintah Desa Lamatti Riaja menggelar Pertemuan Dalam Rangka Penyusunan Laporan Akhir Program Pembinaan Desa Cinta Statistik. Rabu (01/11/2023) di Aula Kantor Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo.

Kepala Desa Lamatti Riaja, Andi Mappaware dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada Kepala BPS Sinjai karena telah menunjuk Desa Lamatti Riaja sebagai Desa binaan Desa Cinta Statistik yang disingkat dengan CANTIK, sehingga kedepannya Desa Lamatti Riaja bisa menjadi tempat sebagai studi tiru dalam hal proses pengumpulan data statistik.

Dalam proses pendataan ini semua kepala dusun terlibat, semua data terkait desa sudah diimput masuk dalam penyimpanan data melalui aplikasi Sipada Macca.

Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin menjelaskan program desa cantik yang dirancang oleh BPS secara umum bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran. Membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan.

“Jadi kegiatan in dilaksanakan dalam rangka membina dan mengevaluasi agar Data di Desa/kelurahan terstandarisasi, sehingga kedepannya tinggal menginput data-data dari data statistik sektoral yang ada di desa”, Jelasnya.

  • Bagikan