El Nino, Warga di Maros Baru Panen Kacang Hijau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Gerakan panen kacang hijau digelar di Kelurahan Bajubodoa, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros, Rabu, 8 November 2023.

Dimana gerakan panen ini dilakukan atas kerjasama antara Direktur Aneka Kacang dan Umbi-umbian (Akabi) bersama Pemerintah Kabupaten Maros.

Panen kali ini dilakukan di lahan seluas 25 hektar oleh Kelompok Tani (Poktan) Sumber Tani. Yang kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi pasca panen kacang hijau dengan alat yang telah dimodifikasi oleh kelompok tani Sumber Tani.

Direktur Akabi, Enie Tauruslina Amarullah mengatakan, kacang hijau merupakan salah satu komoditas unggulan Direktorat Akabi Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

Dia mengatakan kalau gerakan panen hari ini merupakan aksi nyata menghadapi antisipasi fenomena El Nino.

"Menghadapi musim kemarau yang begitu panjang, ternyata kita di Kabupaten Maros bisa sukses melakukan panen kacang hijau. Kita selalu mensupport bahkan telah memberikan bantuan berupa benih, pupuk hayati cair, pestisida dan MPK," ungkapnya.

Hasilnya terhitung sangat bagus, bisa di panen dengan maksimal. Sebanyak 1,8 ton kacang hijau dihasilkan per hektarnya.

"Kemarin kita sudah melakukan pengambilan ubinan bersama Badan Pusat Statistik (BPS). Dari potensi varietas kacang hijau muri 2,4 ton perhektar, alhamdulilah disini hasilnya hampir mencapai itu, yakni 1,8 ton perhektarnya,"jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kementerian Pertanian.

Menurutnya fenomena El Nino yang sangat dikhawatirkan berdampak besar pada para petani, akhirnya mendapatkan solusi.

  • Bagikan