Mengaku Takjub saat Berkunjung ke Maros, Dede Yusuf: Sangat Pantas Menjadi Destinasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi merasa takjub terhadap Kabupaten Maros. Hal tersebut ia ungkapkan saat melakukan Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi X DPR RI di Kabupaten Maros, Kamis (9/11/2023).

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, Kabupaten Maros sangat pantas menjadi destinasi yang baik dan indah. Sebab lokasinya yang terhitung memiliki aksesibilitas yang mudah.

"Begitu mendarat kita bisa langsung sampai di destinasi-destinasi tersebut. Kedua, Maros dengan surga geopark nya sudah punya branding di skala dunia," katanya.

Ketiga, sudah ada support dari pemerintah dalam konteks mempertahankan dan melestarikan. Bersamaan dengan itu, pria yang kerap disapa Dede ini juga menyampaikan beberapa sara.

"Diantaranya, dari sisi kemajuan kebudayaan atau perlindungannya masih butuh peningkatan potensi pemberdayaan kebudayaan. Juga yang perlu diperhatikan adalah akses amenitas dan atraksi, kedua ini akan membangun pengalaman berwisata yang nyaman serta menyenangkan bagi wisatawan," bebernya.

Ia juga sedikit menyinggung soal literasi, yang mana Kabupaten Maros memiliki kebanggaan literasi aksara lontara. "Akan lebih bagus lagi jika dilakukan perlombaan pada generasi milenial atau zilenial. Agar lontara bisa turun ke generasi berikutnya, bisa saja dinyanyikan, diprosakan, dipuisikan," tutur Dede.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI juga mengaku sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Maros. Menurutnya Bupati dan Wakil Bupati Maros sudah sangat luar biasa memperjuangkan kawasan kars di wilayah Maros sehingga masuk sebagai UNESCO global Geopark.

  • Bagikan