Festival Aksara Lontaraq ke-4 Digelar di Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS—Setelah sukses dalam pelaksanaan Festival Aksara Lontaraq, selama tiga tahun berturut-turut, kali ini pelaksanaan Festival tahunan ini akan digelar di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Panitia Festival Aksara Lontaraq bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros, Pemerintah Daerah Kabupaten Maros, akan menggelar Festival Aksara Lontaraq ke-4 atau FALAQ 2023, yang dipusatkan di Gedung Serba Guna Jalan Asoka Turikale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada tanggal 19-20 November mendatang.

FALAQ tahun ini sendiri, bertemakan Penerapan Perda Literasi Aksara Lontaraq, yang baru disahkan oleh DPRD Provinsi Sulsel 15 Juni 2023 lalu.

"Festival Aksara Lontaraq ke-4 tahun ini akan mengangkat tema Penerapan Perda Aksara Lontaraq di kalangan masyarakat. Sebagai tuan rumah Maros akan menjadi daerah pertama di Sulsel yang akan menerapkan Perda ini. Menjadi Pioner dan inspirasi buat daerah lain. Semoga ini makin menguatkan peran-peran Maros dalam dunia literasi dan kebudayaan," kata Upi Asmaradhana penggagas FALAQ.

Tahun ini ada sejumlah kegiatan yang akan mewarnai kegiatan tahunan Sulsel ini, antara lain Seminar Internasional, Lomba Mewarnai Aksara Lontaraq untuk Anak-Anak Usia Dini, Lomba Lagu Daerah, Fashion Show dan Pemilihan Duta Lontaraq, Pameran Perpustakaan UMKM dan Ekonomi Kreatif.

Bupati Maros A.S Chaidir Syam mengatakan mengapresiasi langkah yang diberikan oleh para seniman dan pemerhati budaya di Sulsel dengan mempercayakan Maros sebagai tuan rumah.

“Kami berterima kasih Maros dipercaya sebagai tuan rumah Festival Aksara Lontaraq ke-4 tahun ini. Semoga kami bisa memberi kontribusi nyata dalam melindungi aksara Lontaraq yang merupakan salah satu warisan leluhur kita. “kata A.S Chaidir Syam, di Maros Senin (13/11/2023)

  • Bagikan