Irham: Syukur Ada Program JKN, Ibu Dapat Pulih Kembali

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Irham Riad (44) adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program tersebut merupakan program yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Telah banyak manfaat berupa pelayanan kesehatan yang diberikan Program JKN kepada masyarakat.

“Saat ini kedatangan saya di Rumah Sakit Primaya untuk mengantar ibu kontrol pasca kemo dan operasi. Usai lebaran kemarin saya mengantar ibu di Puskesmas Bungoro, Pangkep untuk dirujuk di Rumah Sakit Primaya ini,” ungkap Irham kepada tim Jamkesnews, Jumat (17/11).

Irham dan orang tuanya merupakan peserta Program JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia dan keluarga sering menggunakan pelayanan kesehatan dari Program JKN baik hanya untuk pemeriksaan kesehatan, sakit ringan, sampai kepada tindakan operasi.

“Ibu saat ini berumur 64 tahun dan kemarin dinyatakan mengidap penyakit kanker payudara. Sebenarnya sudah dari lama penyakit ibu diketahui keluarga, namun ibu menolak untuk dirawat ke rumah sakit dan lebih memilih untuk menjalani berobat alternatif serta meminum obat-obatan herbal,” ucapnya.

Irham bercerita bahwa pengobatan alternatif yang dijalani ibunya itu tidak membuahkan hasil baik bahkan mengakibatkan kanker ibunya meletus dan menciptakan lubang yang semakin besar. Akhirmya Ibu Irham harus dibawa ke rumah sakit dan segera menjalani pemeriksaan.

“Saat itu langsung saya bawa ibu ke Puskesmas Bungoro dan dirujuk ke Rumah Sakit Primaya. Disana ibu diperiksa terlebih dahulu dan dokter menyatakan bahwa ibu harus menjalani kemoterapi. Ibu menjalani 4 kali kemoterapi sebelum operasi dan 2 kali setelah operasi,” ungkapnya.

  • Bagikan