Intip Daya Tarik Desa Lembanna Bulukumba, Salah Satu Dominasi ADWI 2023

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA— Desa Lembanna di Kabupaten Bulukumba berhasi masuk 75 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Desa ini mengusung program Desa Wisata Andalan untuk menjadi salah satu desa terbaik di ADWI 2023.

Desa Lembanna dulunya adalah dusun dari Desa Ara, Kecamatan Bonto Bahari. Karena adanya pemekaran desa tahun 1993 maka desa Lembanna berdiri sendiri terpisah dari Desa Ara.

Desa Lembanna punya beragam potensi budaya dan alam yang bisa menarik wisatawan. Salah satunya spot utama tebing Batu Tongkarayya. Nama ini diambil dari bahasa lokal kongjo yang berarti reruntuhan batu yang jatuh ke laut dan tersebar di sepanjang pantai ini.

Spot lain yang tak kalah menariknya adalah Pantai Mandala Ria dengan pesona airnya yang jernih serta pasirnya yang putih lembut. Belum lagi Tebing Mattoanging yang bertengger di atasnya. Dimana pengunjung dapat menikmati hamparan laut Teluk Bone dan Laut Banda serta Tanjung Bira.

Keindahan alam lainnya juga bisa dilihat di Goa Purbakala Passea yang kesemuanya telah terhubung/terintegrasi dengan akses jalan yang dirintis oleh pemdes dan swadaya masyarakatnya yang saat ini telah di aspal mulus dua.

Selain keindahan alam, ada potensi lainnya di Desa Lembanna. Mulai dari sentra pembuatan Kapal Pinisi (Tempatnya kapal Pinisi dibuat ), sentra pembuatan miniatur Pinisi (Bentuknya persis sama dgn aslinya,terbuat dari kayu ), Cliff Climbing (Panjat tebing vertikal yg ada di area Matooanging dan Batu Tongkarayya) hingga Jungle tracking (outbond susur hutan dgn jalur khusus).

  • Bagikan