Produk IG Jeruk Pamelo Diharap Meningkatkan Perekonomian Kabupaten Pangkep

  • Bagikan

Yani bersama Tim juga mendorong potensi IG lain asal Kab. Pangkep, yakni Ikan Bandeng Pangkep agar dapat didaftarkan IG-nya. "Ikan Bandeng Pangkep dikenal memiliki citarasa yang khas dan lebih enak dibanding daerah lain di Sulsel", tuturnya.

Selanjutnya, ia mengatakan Kanwil Kemenkumham Sulsel juga siap turun langsung ke lapangan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi langsung kepada MPIG Jeruk Pamelo Pangkep, khususnya para petani dan para pedagang terkait pemanfaatan IG untuk mendorong peningkatan kualitas dan harga jual Jeruk Pamelo Pangkep.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak mengatakan bahwa tahun 2024 ini telah dicanangkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly sebagai Tahun Indikasi Geografis (IG) sehingga pihak Kanwil Kemenkumham Sulsel bergerak cepat di awal tahun dalam mensukseskan tahun tematik IG tersebut.

"Beberapa waktu yang lalu telah menginstruksikan kepada para Kepala UPT di daerah agar memasang banner atau baliho dalam rangka menyemarakkan gelora Tahun IG ini," kata Liberti.

"Ini juga menjadi dukungan dari seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota di Sulsel dalam mensukseskan tahun Indikasi Geograsi pada Tahun 2024," lanjutnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran Pemerintah daerah Kab. Pangkep di antaranya dari Bappelitbangda, Dinas Pertanian, dan perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain. Turut hadir juga jajaran pelaksana pada Kanwil Sulsel. (rls)

  • Bagikan