Danny Pomanto: Saya Didik Birokrat Makassar Jadi Pemimpin yang Tahan Badai

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (Foto: Arya/Fajar)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyebut, pihaknya selama ini mendidik birokrat Makassar menjadi pemimpin yang tahan terhadap badai.

Itu diungkapkan saat peluncuran buku Kepemimpinan Pemerintahan karya Prof Aminuddin Ilmar, di Hotel Arya Duta, Makassar, Rabu, (31/01/2024).

Ia mengibaratkan bekerja dan berjalan di dalam badai dengan payung. Payung, kata dia, tidak mampu menahan badai. Tetapi kita bisa berjalan atau bekerja dalam badai.

"Jadi saya mendidik birokrat Makassar seperti itu, tahan terhadap badai, hadapi badai, bekerja dengan baik dengan kehati-hatian," ungkapnya.

Kini, kata Danny, tidak sedikit pemimpin yang lari dari tanggung jawabnya. “Ada pemimpin baru dibegini saja sudah lari dari tugas,” ujarnya.

Itulah kata dia, salah satunya ada dalam buku yang ditulis oleh Prof Aminuddin Ilmar itu. Makanya pesannya mesti menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

Di samping itu, dalam sisi religiusitas, ia mengutip hadis Rasulullah yang mengatakan, setiap orang adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

Dari sini kita tahu bahwa kepempimpinan itu ada di setiap diri seseorang.

Yang mana ciri-ciri pemimpin itu? Sederhana, yakni dia bisa memimpin dirinya sendiri dan merupakan orang yang disiplin. (Arya/Fajar)

  • Bagikan