Terus Dorong Pengembangan UMKM, Rumah BUMN Gelar Pelatihan dan Pamerkan Produk di Sentra UMKM Pusat Oleh-oleh Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- PT PLN (Persero) melalui Rumah BUMN terus mendorong dan mendukung pengembangan ekonomi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yakni dengan menggelar pelatihan bertema “Mengelola Keuangan Melalui Pembukuan Sistematis” di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan Pelatihan ini diikuti sebanyak 13 UMKM yang berasal dari berbagai jenis usaha, mulai dari makanan, minuman, kriya dan perdagangan serta menghadirkan narasumber dari Capten Sweet yang merupakan UMKM yang sudah unggul dalam hal pembukuan usaha.

Pelatihan ini disambut antusias oleh para UMKM, salah satunya yang turut dirasakan oleh pemilik UMKM Pia, Raja Bulang. Raja menyatakan dirinya merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini dan optimis bisa meningkatkan proses pengembangan usahanya.

“Pelatihan ini memberikan pelatihan dan informasi yang sangat penting mengenai cara mencatat transaksi hingga pembatalan transaksi, karena sebelumnya kami belum mengetahui bagaimana cara mencatat keuangan dengan baik,” ujar Raja Bulang.

Selain melakukan pelatihan, Rumah BUMN juga turut memamerkan produk UMKM dari mitra binaan di Kabupaten Muna dan Selayar pada peresmian Sentra UMKM Pusat Oleh-oleh Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), yang berlokasi di Jalan Opu Daeng Risadju, Makassar pada Jumat lalu (16/2).

Ketua Dekranasda Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mengapresiasi keikutsertaan UMKM dan diharapkan dapat mendorong serta meningkatkan gairah pelaku UMKM di Kota Makassar.

"Harapan kita dengan adanya ini bisa membuahkan hasil, sehingga produk yang telah mereka buat bisa diterima di pasar internasional,” ujar Indira.

  • Bagikan