Komoditas Kopi Melimpah, T.R Fahsul Falah Bakal Jadikan Sinjai Kota Barista, Ini Langkah Konkretnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Upaya Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah untuk menjadikan Sinjai sebagai kota Barista patut diacungi jempol. Pihaknya pun mulai melaksanakan pelatihan dan sertifikasi barista sebagai salah satu langkah konkretnya.

Menjadikan Sinjai sebagai kota barista ini termasuk salah satu program unggulan pria kelahiran Aceh ini. Komoditas kopi yang melimpah di daerah berjuluk Bumi Panrita Kitta' ini menjadi alasan utama lahirnya program tersebut, karena membutuhkan barista untuk penyajian kopi yang baik dan benar.

Pelatihan dan sertifikasi barista sendiri dilaksanakan dengan menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Kopidukasi Makassar. Berlangsung selama hari di Aula Hotel Rofina, Senin (19/02/2024).

Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 36 orang. Sehingga pelatihan tersebut diharapkan dapat menjadi jalan untuk menjadikan Sinjai kota barista.

"Kami juga berharap pelatihan ini dapat menekan angka pengangguran di daerah yang kita cintai ini," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berpesan agar mengikuti pelatihan dengan baik sehingga dapat meraih predikat sebagai barista yang bersertifikasi.

" Seluruh penyajian kopi itu punya standar. Barista kita yang selama ini belum memiliki sertifikasi barista, dengan pelatihan ini akan mempermudah mereka mendapatkan pekerjaan. Apalagi ini berlaku untuk dunia internasional," pesannya.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai, Ramlan Hamid menjelaskan, kegiatan ini merupakan terobosan untuk menciptakan para barista yang kompeten dan memiliki sertifikasi. Hal ini sebagai wujud untuk mendukung program unggulan Pj Bupati Sinjai.

  • Bagikan