406 Caleg Ramaikan Pileg di Wajo, Taqwa Gaffar Raih Suara Tertinggi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Suara tertinggi pada Pemilu legislatif (Pileg) Kabupaten Wajo tahun 2024 dipastikan milik Taqwa Gaffar. Caleg Partai Nasdem dari Dapil Neraka.

Dapil "neraka". Daerah pemilihan yang meliputi Kecamatan Tempe. Memperebutkan 7 kursi dari 40 jumlah kursi di DPRD Wajo.

Diketahui, berdasarkan Daftar Caleg Tetap (DCT) KPU Wajo. Sebanyak 406 caleg mengikuti Pileg tahun ini. Tersebar di 6 Dapil.

Taqwa berhasil mengungguli semua kontestan. Termasuk mengalahkan incumbent, Elfrianto (PAN). Pemilik suara tertinggi pada Pileg 2019 lalu dengan 3.984 suara.

Berdasarkan data perolehan dari Model D Hasil. Terdapat 3 nama caleg yang suaranya menembus angka 4.000.

Posisi ketiga dikunci, Alief Kurniawan (PPP) 4.005 suara, kemudian Feri Saputra (Gerindra) 4.064 suara. Keduanya, merupakan caleg dari Dapil 6 meliputi Kecamatan Pammana dan Sabbangparu.

Suara tertinggi diposisi pertama, milik Taqwa Gaffar. Ketua DPD Nasdem Wajo itu memperoleh 4.566 suara dari 48.065 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kecamatan Tempe.

Di Dapil neraka tersebut, Taqwa Gaffar juga mengantarkan partai Surya Paloh diurutan pertama sebagai suara tertinggi dengan 8.162 suara.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tempe merampungkan rekapitulasi suara hasil pemilihan calon anggota legislatif untuk DPRD Wajo, Selasa (27/2/2024).

Sebelumnya Ketua PPK Tempe Muhammad Zulkarnain mengatakan hasil rekapitulasi suara itu selanjutnya diantar ke gudang logistik KPU Wajo.

Untuk Kecamatan Tempe, partai yang mengunci kursi untuk DPRD Wajo masing- masing Partai NasDem, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Demokrat.

  • Bagikan