Bersama Forkopimda Takalar, Pj Bupati Hadiri Upacara Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Dg Romo dan Wafatnya Padjonga Dg Ngalle

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR - Upacara Peringatan Hari Gugurnya Pahlawan Nasional Ranggong Daeng Romo dan Wafatnya Pahlawan Nasional Padjonga Daeng Ngalle berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Rabu (28/02/2024).

Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, bersama Forkopimda Takalar, Pimpinan OPD Takalar, para Camat, Pemangku Adat Karaeng Polongbangkeng serta ASN Lingkup Takalar menghadiri langsung upacara tersebut.

Dandim 1426 Takalar Letkol Kav Nanang Sujatmiko, M.(Han) yang bertindak selaku Inspektur upacara mengatakan bahwa pagi ini kita semua berupacara guna mengenang kembali sejarah dua putra terbaik daerah Takalar, putra terbaik indonesia yaitu Ranggong Daeng Romo dan Padjonga Daeng Ngalle.

Kedua tokoh ini telah dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden RI setelah keduanya mencatatkan namanya dalam tinta emas sejarah perjuangan bangsa.

"Kedua tokoh ini membuktikan bahwa orang takalar bukan penghianat bangsa, bukan pengecut dan bukan pecundang. Dua tokoh ini telah mewakafkan seluruh pikiran, tenaga, waktu bahkan jiwa dan raganya untuk tegaknya indonesia merdeka. Lewat perjuangan dan diplomasinya mereka berdua seakan berkata bahwa inilah putra daerah yang nasionalis tulen," imbuhnya.

Ditambahkan pula bahwa bukan hanya jiwa nasionalisme, tapi juga jiwa sosial telah ditunjukkan oleh seorang Ranggong Daeng Romo yang telah kita kenal konsisten dalam memperjuangkan perasaan senasib sepenanggungan dengan sesama untuk mengubah jalan hidup menjadi lebih baik.

Demikian juga dengan Padjonga Daeng Ngalle, puta kelahiran polongbangkeng tahun 1901 ini dikenal sebagai pejuang yang cerdas dan pemberani. Dia menjadikan wilayah polongbangkeng sebagai pusat gerakan menggantikan kota makassar yang pada saat itu sudah tidak aman.

  • Bagikan