Pj Bupati Harap Satu Data Statistik Indonesia yang Berkualitas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Pj Bupati Wajo Andi Bataralifu memimpin rapat Pembinaan Statistik Sektoral 2024 di gelar Badan Pusat Statistik (BPS) Wajo.

Kegiatan di helat di Aula Kantor Bappelitbangda Kabuapten Wajo, Selasa (5/3/2024). Mengusung tema Optimalisasi Satu Data Indonesia untuk Mewujudkan Penyelenggaraan Statistik Sektoral yang Berkualitas.

Turut Hadir Kepala BPS Kab. Wajo IRustan, Kepala Bappeltibangda Andi Pallawarukka, Kepala Dinas Kominfotik Wajo Dwi Apryanto.

Kata Andi Bataralifu, kegiatan ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

"Kebetulan saya di tugaskan sebagai pejabat bupati, maka secara teknis tugas-tugas tersebut kami emban dan mudah-mudahan jadi langkah awal yang baik dalam pertemuan ini dan lebih mempererat, mengoptimalkan serta mewujudkan satu data Indonesia tadi," ujarnya.

Menurutnya data adalah energi utama dalam pembangunan. Sehingga salah data, salah kebijakan, ssalah alokasi anggaran. Maka karena itu pada kesempatan ini mendukung kerjasama yang erat dari pembinaan data dari DPR, wali data Sekda dan Kadis Kominfo dan Produsen Data daru OPD terkait.

"Bagi kita OPD-OPD sebagai produsen data tentu kami harapkan dapat memilih dan memilah data. Secara awal sampai bisa kita sajikan secara berjenjang sampai dengan dokumen data Wajo," tuturnya.

Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, sangat dibutuhkan dalam pembangunan, terutama pada fase perencanaan.

  • Bagikan