Pertumbuhan Ekonomi Sinjai Merangkak Naik, Dari Posisi 13 ke 3 Sulsel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sinjai merangkak naik pada tahun 2023 sebesar 5,71 persen. Dimana pada tahun tersebut laju pertumbuhan berada pada posisi 3 tingkat Sulsel.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai, Arif Miftahuddin. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi cukup signifikan karena pada tahun 2022 hanya berada pada posisi 13 Sulsel.

Namun, pada tahun 2023 menyentuh posisi 3 besar, seteleh Luwu Timur dan Gowa. "Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Sinjai di atas Sulsel dan nasional," ungkapnya, Rabu (6/3/2024).

Dia pun meyebut beberapa faktor utama sehingga pertumbuhan ekonomi Sinjai positif. Salah satunya di topang oleh beberapa sektor lapangan usaha andalan didalamnya. Diantaranya pertanian, konstruksi, perdagangan dan jasa pendidikan.

"Keempat jenis lapangan usaha inilah yang mengalami peningkatan sehingga memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi di Sinjai pada tahun 2023," ungkapnya.

Bukan hanya itu, angka kumulatif PDRB baik atas dasar harga berlaku dan PDRB harga konstan mrngalami kenaikan. Realisasi pendapatan dan pajak daerah yang meningkat juga menjadi faktor pertumbuhan ekonomi di Sinjai.

"Tahun 2023 ada peringatan HJS berlangsung meriah dan persiapan pemilu dengan adanya banyaknya baliho, pembuatan kaos hingga ramainya kafe/warkop tentu terjadi perputaran ekonomi," urainya.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah juga menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi seperti Pembangunan Alun-Alun Sinjai Bersatu, Taman Literasi dan peningkatan kualitas jalan yang sudah diaspal atau hotmix mengalami peningkatan. (sir)

  • Bagikan