Jangan Asal Pilih Menu Berbuka dan Sahur, Ini Tips Menjaga Kadar Gula Darah Saat Berpuasa

  • Bagikan

“Namun, agar manfaat kesehatan dari puasa tetap terjaga dan semakin optimal, kita perlu memperhatikan pola makan sehat dengan memilih makanan dan minuman yang kaya nutrisi dan bervariasi untuk menu sahur dan berbuka puasa, serta tetap mempertahankan pola makan sehat ini setelah bulan puasa berakhir. Jangan sampai perbaikan kondisi kesehatan tersebut hanya bersifat sementara karena pola makan dan gaya hidup yang kembali berubah,” jelas Rudy.

dr. Rudy mengungkapkan, contoh opsi menu berbuka puasa yang disarankan, antara lain air putih, susu; buah dan sayur; menu sup dengan kacang-kacangan atau kaldu. Secara keseluruhan, juga tetap perlu mempertimbangkan porsi makan dan juga kandungan gula agar tidak berlebihan dan meningkatkan kadar gula darah secara signifikan.

“Bagi diabetesi, menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal selama berpuasa sangat penting agar diabetesi bisa berpuasa tanpa gangguan dan untuk mencegah berbagai macam komplikasi kesehatan,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Chef Martin Natadipraja, pun membuat kreasi menu Peach Lychee Sagoo dan Almond Flan. Terinspirasi dengan teduhnya bulan Ramadhan kali ini.

“Sembari kita menjaga hati dan pikiran, jangan lupa juga untuk menjaga kadar gula darah. Mari kita sajikan hidangan yang manis namun tetap terkontrol kandungan gulanya bagi keluarga tercinta. Jaga hati, jaga pikiran, jaga juga kadar gula darahnya,” ajak Chef Martin. (selfi/fajar)

  • Bagikan