Berbeda Tahun Lalu, US SMP di Sinjai Kali Ini Berbasis Digital Chromebook

  • Bagikan
Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib.

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, ribuan peserta akan mengerjakan soal berbasis digital dengan memanfaatkan chromebook.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Irwan Suaib mengatakan, pelaksanaan US untuk SMP akan berbeda dengan tahun lalu. Jika sebelumnya, masih ada menggunakan android, maka tahun ini diupayakan seluruh siswa menggunakan chromebook.

"Pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMP akan serentak tanggal 22 hingga 27 April 2024, sementara SD akan berlangsung mulai tanggal 29 April juga kita upayakan menggunakan chromebook," beber Irwan.

Oleh karena itu, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh satuan pendidikan agar pelaksanaan ujian sekolah di Sinjai dapat berlangsung lancar, aman dan tanpa kendala.

Terutama mengatasi kekurangan cromebook di setiap sekolah. Maka solusinya, chromebook yang ada di SD akan dipinjam untuk dipergunakaan di sekolah SMP yang masih kekurangan cromebook.

“Demikian juga untuk kendala jaringan internet sudah kita bicarakan bagaimana supaya tetap lancar dan jika ada sekolah yang sulit terjangkau jaringan internet bisa mengikut di sekolah terdekatnya. Kita juga sudah bersurat ke PLN agar tidak ada pemadaman saat pelaksanaan ujian,” bebernya.

Mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini menambahkan, untuk menjaga kredibilitas hasil ujian, pihaknya akan menerapkan pengawasan sistem silang antar sekolah.

“Tidak hanya itu, para Pengawas dan Bidang di Disdik Sinjai juga akan turun melakukan pengawasan disetiap satuan pendididikan sehingga jika ada hambatan ditemukan bisa langsung dikoordinasikan ke Disdik Sinjai,” ucapnya.

  • Bagikan